PROFIL DASI EMAS DESA KRANDEGAN

Tim (SID) Desa Krandegan 28 Agustus 2023 08:35:16 WIB

Desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan  dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih partisipatif dan  bottom up. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 564/MENKES/SK/VI II/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan  Pengembangan Desa siaga, desa siaga merupakan desa yang penduduknya  memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk  mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan  kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri. Desa siaga adalah suatu konsep  peran serta dan pemberdayaan masyarakat di tingkat desa, disertai dengan  pengembangan kesiagaan dan kesiapan masyarakat untuk memelihara  kesehatannya secara mandiri. Konsep desa siaga adalah membangun suatu  sistem di suatu desa yang bertanggung jawab memelihara kesehatan  masyarakat itu sendiri, di bawah bimbingan dan interaksi dengan seorang bidan  dan 2 orang kader desa. 

Selain itu Indonesia kini setidaknya masih mengalami triple burden atau tiga  masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi,  bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis  penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi sehingga untuk menekan  angka penyakit tidak menular di masyarakat perlu dilakukan implementasi  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas, yaitu sebuah gerakan yang  bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan  kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Germas dicanangkan  oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengatasi masalah  kesehatan yang masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. 

Desa Siaga Krandegan merupakan salah satu Desa Siaga Aktif di wilayah  kerja Puskesmas Karanganyar, Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek.  Berdasarkan hasil penstrataan Desa Siaga pada tahun 2022 didapatkan hasil  bahwa Desa Siaga Krandegan memiliki strata Madya. Peningkatan strata Desa  Siaga di Desa Krandegan masih terkendala terkait forum masyarakat Desa  yang berjalan tidak rutin, belum adanya dukungan dana dari dunia usaha, peran  aktif ormas yang masih kurang serta kebijakan maupun regulasi dari Desa  terkait Kesehatan yang masih kurang.  

Link Youtube : PROFIL DASI EMAS DESA KRANDEGAN

Link Pdf        : PROFIL DASI EMAS DESA KRANDEGAN

Komentar atas PROFIL DASI EMAS DESA KRANDEGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi KRANDEGAN

tampilkan dalam peta lebih besar